Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Bank Ekspor Impor Indonesia

Sejarah Singkat Bank Ekspor Impor Indonesia - Bank Ekspor Impor Indonesia (disingkat Bank Exim) adalah sebuah bank pemerintah yang pernah ada di Indonesia. Spesialisasinya adalah dalam bidang pembiayaan perdagangan. Bank ini dimerger dengan tiga bank lainnya pada Juli 1999 untuk membentuk Bank Mandiri.

Sejarah Bank Ekspor Impor Indonesia berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesiamenjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonesia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi Bank Exim, bank pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.

sumber : wikipedia

Komentar

Posting Komentar

Komentar anda sangat berharga bagi kami. Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Jika ingin menunjukan URL blog, silahkan berkomentar dengan format Nama/URL , karena komentar yang berisi Link akan kami hapus. Trimakasih..