Langsung ke konten utama

Asli Indonesia, Sarang Semut Khas Papua

Situs Madu - Sarang semut, menurut Wikipedia, adalah istilah Indonesia untuk menyebut genus Myrmecodia, suatu genus tanaman mirmekofita epifit berasal dari Asia Tenggara dan kepulauan besar yang terbentang sampai Queensland, Australia. Istilah Myrmecodia berasal dari bahasa Yunani myrmekodes, yang berarti "mirip semut" atau "dikerumuni semut".


Sarang semut, tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan dan banyak ditemukan di daerah Papua. Tumbuhan ini bersifat epifit, artinya menempel pada tumbuhan lain. Tidak hidup secara parasit pada inangnya, tetapi hanya memanfaatkannya untuk menempel.

Sarang semut ini bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Papua

Tumbuhan ini memang membentuk ruang atau lubang seperti sarang semut, dan memiliki labirin di dalam batangnya yang menjadi tempat hidup bagi semut.

Batang sarang semut yang membesar memiliki bentuk yang menyerupai umbi. Batang ini ternyata memiliki banyak manfaat, baik untuk daya tahan tubuh atapun mengobati berbagai penyakit.

Peneliti  Ediati Sasmito dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, meneliti umbi tanaman sarang semut (Myrmecodia sp). Hasil penelitiannya, seperti dikutip dari Kompas (5/8/2010), menunjukkan umbi tanaman sarang semut mengandung zat aktif imunomodulator atau zat pengaktif sistem kekebalan tubuh manusia, yang dapat dijadikan obat beberapa penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan daya tahan tubuh.

Sumber : http://www.satuharapan.com/read-detail/read/sarang-semut-papua-jaga-stamina-tubuh

Komentar